Minggu, 11 Maret 2012

Esemka Rajawali Masuk Analisa Emisi

tema : mobil esemka

I. latar belakang

saat ini sekolah-ekolah sudah mulai mengembangkan bakat-bakat dari siswa da siswinya. .SMK merupakan salah satu wadah yang tepat dalam mengembangkan hal tersebut.Baru-baru ini beberapa SMK mulai menunjukkan kreatifitas mereka yang luar biasa.Lewat peluncuran beberapa produk yang berhasil mereka ciptakan.Salah satu yang ramai dibicarakan adalah “Mobil Esemka”.

 II. isi

SOLO - Esemka Rajawali sudah selesai dibongkar, dan saat ini memasuki tahap analisa. Penganalisian dilakukan secara terpisah di dua perguruan tinggi di Solo, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Akademi Teknik Warga (ATW).

Analisa ini untuk mendeteksi penyebab produksi karbon berlebih. Untuk lebih meyakinkan keberhasilan mobil Esemka menjalani uji emisi kembal. Uji emisi secara mendalam dengan alat uji berstandar internasional, yang didatangkan ke STP.

Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK) Sulistyo Rabono, mengatakan saat ini dirinya telah meminta kepada teknisi Esemka untuk fokus dalam perbaikan mobil rakitan anak-anak SMK tersebut.

Proses evaluasi permasalahan pada mesin mobil Esemka tersebut diperkirakan selesai dalam empat hari mendatang. Sebelumnya, tim teknisi Esemka menduga penyebab berlebihnya kadar karbon pada gas pembuangan mesin mobil karena cairan oli masuk ke ruang pembakaran.

Selain itu, dimungkinkan pula karena terdapat celah udara yang menyebabkan kekuatan isap tabung sirkulasi udara ke injektor kurang sempurna. Namun, hal tersebut masih sebatas dugaan dan belum bisa dijadikan kesimpulan mengenai penyebab gagalnya mobil Esemka dalam uji emisi.

Selain mendatangkan teknisi dari dalam negeri Sulistyo mengatakan, sejumlah pakar otomotif luar negeri juga sudah menyatakan kesediaannya untuk membantu tim Esemka jika memang dibutuhkan.

"China juga menyatakan siap membantu mengatasi persoalan gas buang pada pembakaran mesin mobil. Sekaligus menyediakan katalis konverter versi terbaru," pungkasnya.


III. Saran dan Kesimpulan

Potensi sekecil apapun yang di miliki seorang siswa harus di dukung dan sisalurkan oleh sekolah. Hal ini akan dapat memacu diri siswa dan siswi tersebut untuk dapat terus berinovasi sesuai dengan bakat yang ada pada diri mereka. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar